makalah teknologi pendidikan : konsep dasar pendidikan
Dosen Pengampu : Roojil Fadillah, Lc., M.A.
Disusun oleh :
Mishbahul Muammar (20140820030)
Ikhtiar Cahya Ajir (20140820012)
Hindun (20150820004)
Pendidikan
Bahasa Arab
Fakultas
Pendidikan Bahasa
Universitas
Muhammadiyah Yogyakarta
2016
Kata Pengatar
Puji syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan
rahmat dan hidayah-Nya hingga sampai saat ini kita masih diberi kesempatan
untuk merasakan nikmat yang Allah berikan kepada kita semua, dan tidak lupa
pula sholawat serta salam kami panjatkan kepada Nabi kita Muhammad SAW yang
telah membawa umatnya dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang
seperti saat ini.
Kami juga mengucapkan terima kasih kepada dosen mata kuliah “Teknologi
Pendidikan” yang telah memberi kesempatan kepada kami untuk menyusun sebuah
karya berupa makalah, berkat motivasi dari dosen dan kawan-kawan semua,
sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul “Konsep
dasar teknologi pendidikan” kami menyadari bahwa masih
terdapat kekurangan dalam makalah ini, sehingga kami senantiasa terbuka untuk
menerima saran dan kritik pembaca demi penyempurnaan makalah berikutnya. Semoga
makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan bisa memberi perubahan kepada diri kita ke arah
yang lebih baik.
Yogyakarta, 27 September 2016
Daftar Isi
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
belakang
Seiring dengan kemajuan teknologi
yang mengglobal telah terpengaruh dalam segala aspek kehidupan baik dibidang
ekonomi, politik, kebudayaan seni dan bahkan di dunia pendidikan. Dunia
pendidikan harus mau mengadakan inovasi yang positif untuk kemajuan pendidikan
dan sekolah. Tidak hanya inovasi dibidang kurikulum, sarana-prasarana, namum
inovasi yang menyeluruh dengan menggunakan teknologi informasi dalam kegiatan
pendidikan. Teknologi pendidikan dapat mengubah cara pembelajaran yang
konvensional menjadi nonkonvensional.
Sekolah harus merespon perkembangan
dunia teknologi yang semakin canggih yang menyediakan segudang ilmu pengetahuan
yang baru dan lama. Pembelajaran di sekolah perlu menggunakan serangkaian
peralatan elektronik yang mampu bekerja lebih efektif dan efisien. Walaupun
demikian, peran guru tetap dibutuhkan di kelas, sebagai desainer, motivator,
pembimbing, dan sebagainya dan tentunya sebagai sosok individu harus tetap
dihormati. Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan suatu kebutuhan karena
dengan penggunaannya diharapkan adanya peningkatan mutu belajar atau mengajar,
peningkatan produktivitas atau efisiensi dan akses, peningkatan sikap belajar
yang positif, pengembangan professional dan adanya peningkatan profil atau pengenalan
Dengan demikian diharapkan sekolah mengalami perubahan-perubahan yang sesuai
dengan tuntutan global.
Teknologi pendidikan seringkali
diasumsikan dalam persepsi yang mengarah pada masalah elektronika padahal
konsep teknologi mengandung pengertian yang luas untuk itu dalam tulisan ini
akan dibahas lebih lanjut.
1.2.
Rumusan masalah
1.
Apa pengertian
teknologi pendidikan ?
2.
Apa peran dan fungsi teknologi pendidikan ?
3.
Apa ruang lingkup teknologi pendidikan ?
1.3 Tujuan
1.
Untuk mengetahui pengertian teknologi pendidikan
2.
Untuk mengetahui peran dan fungsi teknologi pendidikan
3.
Untuk mengetahui ruang lingkup teknologi pendidikan
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Sejarah
teknologi pendidikan
Teknologi pendidikan pada awal tahun
1920 dipandang sebagai media. Akar terbentuknya pandangan ini terjadi ketika
pertama kali diproduksi media pendidikan pada awal abad dua puluhan. Media ini,
sebagai media pembelajaran visual yang berupa film, gambar dan tampilan yang
mulai ramai pada tahun 1920. Pembelajaran visual terfokus pada media yang
digunakan untuk menampilkan sebuah pelajaran. Pandangan ini berlanjut sampai
1950. Teknologi pendidikan sebagai disiplin ilmu, pada awalnya berkembang
sebagai bidang kajian di Amerika Serikat. Kalau mengacu pada konsep teknologi
sebagai cara, maka awal perkembangan teknologi pendidikan dapat dikatakan telah
ada sejak awal peradaban. Usaha untuk merumuskan Teknologi pendidikan secara
terorganisasi dimulai sejak tahun 1960.
a. Tahun 1960
Teknologi pendidikan menjadi salah
satu kajian yang banyak menjadi perhatian dilingkungan ahli pendidikan,
teknologi pendidikan merupakan kelanjutan perkembangan dari kajian-kajian
tentnag penggunaan audio visual dan program belajar dalam penyelenggaraan
pendidikan.
b. Tahun 1963
Di tahun 1963 teknologi pendidikan
digambarkan bukan hanya sebagai sebuah media.
c. Tahun 1970
Tahun 1970-an yang dikeluarkan oleh
Komisi Pengawas Teknologi Pendidikan. Komisi pengawas ini dibentuk dan dibiayai
oleh pemerintah Amerika Serikat untuk menguji permasalahan dan manfaat
potensial yang berhubungan dengan teknologi pendidikan di sekolah-sekolah.
d. Tahun 1977
Teknologi Pendidikan adalah proses
kompleks yang terintegerasi meliputi orang, prosedur, gagasan, sarana dan
organisasi untuk menganalisa masalah dan merancang. Melaksanakan, menilai dan
mengelola pemecahan masalah dalam segala aspek belajar manusia.
B. Pengertian teknologi pendidikan
Istilah teknologi berasal dari
bahasa Yunani technologia yang menurut Webster Dictionary berarti systematic
treatment atau penanganan sesuatu secara sistematis, sedangkan techne sebagai
dasar kata teknologi berarti art, skilll, science atau keahlian, ketrampilan,
ilmu.[1]
Pendidikan adalah usaha sadar dan
terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta
didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan
spiritual keagamaaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia,
serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara.
Teknologi pendidikan adalah suatu
proses yang kompleks dan terintegrasi, meliputi: manusia, prosedur, ide,
peralatan dan organisasi untuk menganalisa masalah yang menyangkut semua aspek
belajar manusia, serta merancang, melaksanakan, menilai dan mengelola pemecahan
masalah tersebut. Dalam teknologi pendidikan, pemecahan masalah itu terjelma
dalam bentuk semua sumber belajar yang didesain dan/ atau dipilih dan/atau
digunakan untuk keperluan belajar sumber-sumber belajar ini meliputi: pesan,
orang, bahan, peralatan, teknik dan latar (setting).[2]
C.
Peran dan fungsi teknologi pendidikan
Peran
dan fungsi Teknologi Pendidikan adalah sebagai
barikut :
1. Teknologi Pendidikan sebagai
peralatan untuk mendukung konstruksi pengetahuan:
·
Untuk
mewakili gagasan pelajar pemahaman dan kepercayaan
·
Untuk
organisir produksi, multi media sebagai dasar pengetahuan pelajar.
2. Teknologi pendidikan sebagai
sarana informasi untuk menyelidiki pengetahuan yang mendukung
pelajar :
·
Untuk
mengakses informasi yang diperlukan.
·
Untuk
perbandingan perspektif, kepercayaan dan pandangan dunia.
3. Teknologi pendidikan sebagai media
sosial untuk mendukung pelajaran dengan berbicara.
·
Untuk
berkolaborasi dengan orang lain.
·
Untuk
mendiskusikan, berpendapat dan membangun konsensus antara anggota sosial.
4. Teknologi pendidikan sebagai mitra
intelektual untuk mendukung pelajar
·
Untuk
membantu pelajar mengartikulasikan dan memprentasikan apa yang mereka
ketahui.
5. Teknologi pendidikan dapat
meningkatkan mutu pendidikan/sekolah.
6. Tekonologi pendidikan dapat
meningkatkan fektifitas dan efisiensi proses belajar mengajar.
7. Teknologi pendidikan dapat
mempermudah mencapai tujuan pendidikan.
D.
Ruang
lingkup teknologi pendidikan
Desain, pengembangan, pemanfaatan,
pengelolaan dan penilaian adalah 5 kawasan teknologi pendidikan yang harus
dikembangkan untuk mengidentifikasi hubungan timbal balik dari teori dan
praktik pembelajaran serta penelitian yang dilakukan untuk melihat kebenaran
teori yang ada. Setiap kawasan dalam teknologi pendidikan memberikan kontribusi
kepada pengembangan teori dan praktik dan sebaliknya teori dan praktik
dijadikan pengembangan kawasan. Tiap kawasan tidak dapat berdiri sendiri,
tetapi saling berkaitan sebagai suatu kegiatan yang sistematik. Hubungan antar
kawasan ini bersifat saling melengkapi.
Penjelasan mengenai masing-masing
kawasan/ ruang lingkup teknologi pendidikan adalah sebagai berikut:
a.
Kawasan
Desain
Yang
dimaksud dengan desain disini adalah proses untuk menentukan kondisi belajar
dengan tujuan untuk menciptakan strategi dan produk. Kawasan desain paling
tidak meliputi empat cakupan utama dari teori dan praktek, yaitu: desain sistem
pembelajaran, desain pesan, strategi pembelajaran, dan karakteristik
pembelajar.
b.
Kawasan
Pengembangan
Pengembangan
adalah proses penterjemahan spesifikasi desain ke dalam bentuk fisik, di
dalamnya meliputi: teknologi cetak, teknologi audio-visual, teknologi berbasis
komputer, dan teknologi terpadu.
c.
Kawasan
Pemanfaatan
Pemanfaatan
adalah aktivitas menggunakan proses dan sumber untuk belajar. Fungsi pemanfaatan
sangat penting karena membicarakan kaitan antara pembelajar dengan bahan atau
sistem pembelajaran.
d.
Pengelolaan
Pengelolaan
meliputi pengendalian teknologi pembelajaran melalui: perencanaan,
pengorganisasian, pengkoordinasian dan supervisi. Kawasan pengelolaan bermula
dari administrasi pusat media, program media dan pelayanan media. Pembauran
perpustakaan dengan program media membuahkan pusat dan ahli media sekolah.
Program-program media sekolah ini menggabungkan bahan cetak dan non cetak
sehingga timbul peningkatan penggunaan sumber-sumber teknologikal dalam
kurikulum.
e.
Penilaian
Penilaian dalam
pengertian yang paling luas adalah aktivitas manusia sehari-hari. Dalam
kehidupan sehari-hari kita selalu menakar nilai aktivitas atau kejadian berdasarkan
kepada sistem penilaian tertentu. Penilaian merupakan proses penentuan memadai
tidaknya pembelajaran dan belajar, mencakup analisis masalah, pengukuran acuan
patokan, penilaian formatif, dan penilaian sumatif.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Teknologi
pendidikan adalah suatu proses yang kompleks dan terintegrasi, meliputi:
manusia, prosedur, ide, peralatan dan organisasi untuk menganalisa masalah yang
menyangkut semua aspek belajar manusia, serta merancang, melaksanakan, menilai
dan mengelola pemecahan masalah tersebut.
ruang lingkup
teknologi pendidikan :
a.
Kawasan
Desain
b.
Kawasan
Pengembangan
c.
Kawasan
Pemanfaatan
d.
Pengelolaan
e.
Penilaian
Daftar Pustaka
Abdulhak, ishak dkk,
Teknologi pendidikan, bandung : Remaja rosdakarya, 2015.
Nasution, Teknologi Pendidikan, bandung :
JEMMARS, 1987
Setijadi, Definisi Teknologi Pendidikan,
jakarta : Raja Grafindo Persada,1994
Trimakasi sudah membantu saya
BalasHapus